Presepsi

Persepsi
a)    Menurut Sarwono (2002:94)
Persepsi dalam pengertian psikologi adalah proses pencarian informasi untuk dipahami. Dimana alat untuk memperoleh informasi tersebut adalah penginderaan ( penglihatan, pendengaran, peraba dan sebagainya). Dan, alat untuk memahaminya adalah kesadaran atau kognisi.

b)     Dalam kamus besar Psikologi
Persepsi adalah menilai, mengenali,dan menafsirkan informasi/stimulus dari alat indra yang berupa informasi tentang lingkungan.

c)      Teori Gestalt
Teori ini menjabarkan beberapa prinsip yang dapat menjelaskan bagaimana seseorang menata sensasi menjadi suatu bentuk persepsi. Dimana persepsi akan terjadi ketika seseorang menerima stimulus yang dikirimkan oleh Panca Indera(sebagai alat bantu) yang akan terwujud dalam sebuah pemahaman. Semua panca indera memiliki fungsi psikis tersendiri.
Prinsip persepsi, Figure and Ground. Prinsip ini menggambarkan bahwa manusia secara sengaja atau tidak memilih dari serangkaian stimulus, mana yang menjadi Fokus (Figure) atau mana yang menjadi Latar belakang(Ground).
d)     Kotler (2000)
Persepsi sebagai proses bagaimana seseorang menyeleksi,mengaturm dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang berarti.
e)      Makmuri Muchlas (2008)
Menginterprestasikan bahwa untuk penilaian/mempersepsikan sesuatu terkadang kita diharuskan untuk menempuh cara-cara singkat. Antara lain Persepsi Selektif,Stereotip,Proyeksi dan Halo Effect.

untuk membaca makalah selengkapnya download disini

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar