Teori Bimbingan dan Konseling



Teori Bimbingan dan Konseling
Sunaryo Kartadinata
Abstrak
Keberadaan Bimbingan dan Konseling dalam pendidikan merupakan konsekuensi logis dari hakikat pendidikan itu sendiri. Teori BK bertolak dari pandangan tentang hakikat manusia, dan dikembangkan dari kerangka pikir tentang perkembangan kepribadian dan perubahan perilaku manusia yang dapat dipahami dari berbagai model teori. Poses BK merupakan sebuah perjumpaan perkembangan yang di dalamnya akan menghadapkan konselor kepada persoalan nilai-nilai yang dianut individu dan pengaruh konselor yang mungkin terjadi terhadap perkembangan nilai individu. Esensi tujuan BK terletak pada memandirikan individu atau dengan kata lain kemandirian adalah tujuan bimbingan dan konseling. Kemandirian yang sehat termanifestasikan dalam kesadaran akan keadaan bersama dan interdipendensi dengan orang lain. Kemandirian terbentuk melalui interaksi individu dengan lingkungan, dan BK bertanggung jawan mengembangkan lingkungan perkembangan yang memandirikan.
Full Text: PDF

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar